Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode inkuiri efektif pada
pokok bahasan segitiga siswa kelas VII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran
2016/2017 pada pokok bahasan segitiga. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 78
siswa. Sampel diambil secara total sampling, yaitu siswa kelas VII-1 berjumlah 39 siswa yang
diajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dan kelas VII-2 berjumlah 39 siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang telah divalidkan sebanyak 20 butir soal yang
terdiri dari 10 butir soal untuk pretest dan 10 butir soal untuk posttest. Dari hasil penelitian yang
telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen berturut-turut
adalah 31,54 dan 80,77. Sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest untuk kelas kontrol
berturut-turut adalah 30,77 dan 66,41. Dari hasil perhitungan yang menggunakan uji Gain
diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,7 dan pada kelas kontrol sebesar
0,6. Maka peningkatan hasil belajar matematika kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi,
dan peningkatan hasil belajar matematika kelas kontrol berada pada kriteria sedang. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar
matematika pada siswa SMP PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2016/2017.