Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa MTs.Islamiyah Sunggal T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wisovi, Elma
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:31:52Z
dc.date.available 2020-11-17T07:31:52Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12710
dc.description.abstract Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar matematika siswa pada materi lingkaran sehingga dilaksanakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger di kelas VIII MTs.Islamiyah Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Post-Test Only Control Desain dengan tujuan untuk melihat apakah kreativitas belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model Treffinger lebih tinggi dibanding dengan kreativitas belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode konvensional pada matei lingkaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Islamiyah Sunggal. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan di kelas eksperimen sebanyak 35 siswa yaitu kelas VIII-A dan kelas control sebanyak 35 siswa yaitu kelas VIII-B. Instrument penelitian menggunakan observasi dilaksanakan pada akhir pembahasan materi selesai. Observasi dan tes ini dilaksanakan pada siswa yang ada di kelompok perlakuan dan juga pad kelompok yang tidak dapat perlakuan. Pada lembar observasi di kelas control diperoleh skor rata-rata kreativitas siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen skor rata-rata kreativitas siswa. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan uji hipotesis nilai post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 0.629 dan ttabel = 1.997, karena nilai thitung < ttabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dibanding dengan kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model Treffinger terhadap kreativitas belajar matematika siswa MTs.Islamiyah Sunggal T.P 2016/2017. en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa MTs.Islamiyah Sunggal T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account