Abstract:
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar
matematika siswa pada materi lingkaran sehingga dilaksanakan penelitian dengan
menggunakan model pembelajaran Treffinger di kelas VIII MTs.Islamiyah Sunggal. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Post-Test Only Control Desain
dengan tujuan untuk melihat apakah kreativitas belajar matematika siswa yang diajarkan
dengan model Treffinger lebih tinggi dibanding dengan kreativitas belajar matematika siswa
yang diajarkan dengan metode konvensional pada matei lingkaran. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Islamiyah Sunggal. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan di kelas eksperimen sebanyak
35 siswa yaitu kelas VIII-A dan kelas control sebanyak 35 siswa yaitu kelas VIII-B.
Instrument penelitian menggunakan observasi dilaksanakan pada akhir pembahasan materi
selesai. Observasi dan tes ini dilaksanakan pada siswa yang ada di kelompok perlakuan dan
juga pad kelompok yang tidak dapat perlakuan. Pada lembar observasi di kelas control
diperoleh skor rata-rata kreativitas siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen skor rata-rata
kreativitas siswa. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan
kelas control.
Berdasarkan uji hipotesis nilai post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 0.629 dan ttabel =
1.997, karena nilai thitung < ttabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan
bahwa kreativitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger lebih
tinggi dibanding dengan kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan metode
konvensional. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model
Treffinger terhadap kreativitas belajar matematika siswa MTs.Islamiyah Sunggal T.P
2016/2017.