Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Scramble pada Siswa SMP Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Arimbi, Dyah Ayu
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:27:42Z
dc.date.available 2020-11-17T07:27:42Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12705
dc.description.abstract Pola pengajaran yang selama ini digunakan guru belum mampu membantu siswa dalam menyelesaikan soal – soal berbentuk masalah,mangaktifkan siswa dalam belajar, memotivasi siswa untuk mengemukan ide atau pendapat mereka, dan bahkan para siswa masih enggan untuk bertanya pada guru jika mereka belum paham terhadap materi yang disajikan guru. Disamping itu juga, guru senantiasa dikejar oleh target waktu untuk menyelesaikan setiap pokok bahasan tanpa memperhatikan kompetensi yang dimiliki siswanya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah belajar matematika menggunakan model Scramble pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2016/2017 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa. Dari hasil penelitian analisis keefektifan, dalam indikator Ketuntasan Belajar matematika menunjukkan bahwa, pada pertemuan keempat, ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar pada 84,61% dan berada pada kategori Tuntas. Dari indikator Aktivitas Belajar Siswa menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama persentase aktivitas belajar siswa adalah 45% dan dengan kategori Tidak Aktif. Pada pertemuan kedua, persentase aktivitas belajar siswa adalah 49% dan dengan kategori Tidak Aktif. Pada pertemuan ketiga persentase aktiiftas belajar siswa adalah 73% dengan kategori Aktif. Pada pertemuan terakhir persentase aktifitas belajar siswa adalah 83% berada pada kategori aktif. Dari indikator Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama persentase dari skor yang diperoleh adalah 6.5% dan berada pada kategori Baik. Sedangkan pada pertemuan kedua, persentase dari skor yang diperoleh adalah 68,75% dan berada pada kategori Baik. Pada pertemuan ketiga persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 86,25% dengan kategori sangat baik, dan pada pertemuan terakhir persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 96,25% berada pada kategori sangat baik. Dari indikator Respon Siswa menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama persentase respon siswa adalah 49% dan dengan kategori direspon Tidak Positif. Sedangkan pada pertemuan kedua, persentase respon siswa adalah 50% dan dengan kategori direspon Tidak Positif. Pada pertemuan ketiga persentase respon siswa adalah 76% pada kategori Cukup Positif dan pada pertemuan terakhir persentase respon siswa adalah 85% pada kategori positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika menggunakan model Scramble pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2016/2017 efektif pada materi bilangan kubus dan balok ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa. en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Scramble pada Siswa SMP Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account