Research Repository

Efektivitas Penggunaan Model Direct Intruction dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMA Swasta Bandung Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Puspita, Dwika Ayu
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:26:40Z
dc.date.available 2020-11-17T07:26:40Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12703
dc.description.abstract Bagaimana penggunaan model Direct Intruction dalam belajar Matematika efektif pada siswa SMA Swasta Bandung Tahun pelajaran 2016/2017, adalah permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Direct Intruction efektif pada siswa SMA Swasta Bandung Medan Tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Bandung Medan yang berjumlah 38 siswa terbagi atas 20 siswa Kelas X1kelas eksperimen dan 18 siswa Kelas X2 kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa pretest dan postest. Dari analisa data diperoleh beberapa rata-rata pada kelas eksperimen 48,88, varians 96,2924, simpangan baku 3,56. Pada kelas kontrol ratarata 38,57, varians 26,1674, simpangan baku 2,58, berupa nilai hasil pre-test. Hasil post-test pada kelas eksperimen rata-rata 86,7, varians 6,9217, simpangan baku 5,16. Dan pada kelas kontrol rata-rata 58,26, varians 143,128, simpangan baku 2,411.Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji gain. Uji normalitas data pretest kelas eksperimen yaitu Lhitung (0,438) < Ltabel (1,509) sehingga dapat disimpulkan bahwa pretest kelas eksperimen berdidtribusi normal, sedangkan dikelas kontrol uji normalitas Lhitung (0,1895) < Ltabel (0,3517), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Direct Intructionefektif terhadap pembelajaran matematika materi pokok logika matematika peserta didik kelas X SMA Swasta Bandung Medan tahun pelajaran 2016/2017. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para peserta didik dapat menerapkan model pembelajaran Direct Intructiondalam pembelajaran matematika pada materi pokok lain yang sesuai. Peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya dikelas agar peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga belajar matematika menggunakan model Direct Intructionpada siswa SMA Swasta Bandung Medan tahun pelajaran 2016/2017 efektif ditinjau dari teknik analisis data siswa. en_US
dc.title Efektivitas Penggunaan Model Direct Intruction dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMA Swasta Bandung Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account