Abstract:
Bagaimana penggunaan model Direct Intruction dalam belajar Matematika efektif
pada siswa SMA Swasta Bandung Tahun pelajaran 2016/2017, adalah
permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini. Yang menjadi tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Direct Intruction efektif
pada siswa SMA Swasta Bandung Medan Tahun pelajaran 2016/2017. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Bandung Medan
yang berjumlah 38 siswa terbagi atas 20 siswa Kelas X1kelas eksperimen dan 18
siswa Kelas X2 kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa
pretest dan postest. Dari analisa data diperoleh beberapa rata-rata pada kelas
eksperimen 48,88, varians 96,2924, simpangan baku 3,56. Pada kelas kontrol ratarata 38,57, varians 26,1674, simpangan baku 2,58, berupa nilai hasil pre-test. Hasil
post-test pada kelas eksperimen rata-rata 86,7, varians 6,9217, simpangan baku
5,16. Dan pada kelas kontrol rata-rata 58,26, varians 143,128, simpangan baku
2,411.Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t
dan uji gain. Uji normalitas data pretest kelas eksperimen yaitu Lhitung (0,438) <
Ltabel (1,509) sehingga dapat disimpulkan bahwa pretest kelas eksperimen
berdidtribusi normal, sedangkan dikelas kontrol uji normalitas Lhitung (0,1895) <
Ltabel (0,3517), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Direct
Intructionefektif terhadap pembelajaran matematika materi pokok logika
matematika peserta didik kelas X SMA Swasta Bandung Medan tahun pelajaran
2016/2017. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para peserta didik dapat
menerapkan model pembelajaran Direct Intructiondalam pembelajaran
matematika pada materi pokok lain yang sesuai. Peserta didik juga diharapkan
dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya dikelas agar peserta
didik semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga belajar
matematika menggunakan model Direct Intructionpada siswa SMA Swasta
Bandung Medan tahun pelajaran 2016/2017 efektif ditinjau dari teknik analisis
data siswa.