Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar pada mata
pelajaran matematika”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
matematika dan hasil belajar matematika dengan menerapkan Metode Missouri
Mathematic Project di SMP Swasta Bina Satria Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Bina Satria Medan yang terletak di
Jalan Marelan IX No. 01 Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan -
Medan tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-3 yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
dalam penelitian ini adalah observasi dan Tes. Tes yang digunakan adalah essay test
yang diambil dari buku paket siswa. Hasil test belajar dilakukan secara langsung pada
saat proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran Missouri
Mathematic Project.
Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu
dari 30 siswa hanya 6 siswa (20%) siswa yang tuntas belajar pada tes awal (Pretest)
dengan nilai rata-rata 57,50 menjadi 12 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 69,16 pada
siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 27 siswa (90%) dengan nilai rata-rata
85,66 pada siklus II.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode
pembelajaran Missouri Mathematic Project dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada standar kompetensi memahami sifat-sifat segitiga dan segiempat beserta
bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya di kelas VIII SMP Swasta Bina Satria
Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini berarti bahwa Metode pembelajaran
Missouri Mathematic Project dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran
matematika.