Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil
belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head
Together pada pokok pembahasan Geometri di kelas X Las SMK Negeri 1 Percut Sei
Tuan T.P 2016/2017, Apakah penerapan model pembelajaran Numbered Head
Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok
pembahasan Geometri di kelas X Las SMK Negeri 1 Percut Se Tuan T.P 2016/2017”.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada pokok
pembahasan Geometri di kelas X Las SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017,
Untuk mengetahui apakah penggunaan penerapan model pembelajaran Numbered
Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok
pembahasan Geometri di kelas X Las SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Las SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang siswa yang keseluruhannya
adalah laki-laki. Sedangkan Objek dari penelitian ini adalah Penerapan Model
Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika pada Siswa kelas X Las SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan materi Geometri.
Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi, tes digunakan untuk memperoleh
data tentang hasil belajar matematika siswa dan observasi digunakan untuk
menghasilkan perubahan siswa. Dari hasil penelitian siklus I dapat dilihat dari 26
siswa di peroleh persentase ketuntasan siswanya 23,08 % dengan rata-rata minatnya 2
kategori sedang dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan siswanya
80,77 % dengan rata-rata 3 kategori baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Geometri.