Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Take and Give pada Siswa SMK Negeri 5 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Dewi
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:21:51Z
dc.date.available 2020-11-17T07:21:51Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12696
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kesulitan mengemukakan ideide atau gagasan baru serta siswa sering tidak percaya diri terhadap kemampuannya sendiri dalam menyampaikan ide-idenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Take and Give efektif dalam pembelajaran matematika materi Limit fungsi kelas XII TOKR di SMK Negeri 5 Medan T.P 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan model Take and Give. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TOKR SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 166 dan sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian persentase ketuntasan belajar siswa pada pertemuan pertama mencapai 23% dan berada pada kategori Tidak Tuntas. Pada pertemuan kedua mencapai 77% dan berada pada kategori Tuntas, berdasarkan hasil penelitian persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama jumlah nilai observasi aktivitas belajar 63% sehingga hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama berada pada kategori cukup aktif. Pada pertemuan kedua, jumlahnya 69%. Sehingga hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan kedua berada pada kategori aktif, berdasarkan hasil penelitian persentase kemampuam guru mengolah pembelajaran pada pertemuan pertama 75% sehingga berada pada kategori baik. Pada pertemuan kedua 92% , sehingga berada pada kategori sangat baik, berdasarkan hasil penelitian persentase respon siswa pada pertemuan pertama 60%. Sehingga hasil respon belajar siswa pada pertemuan pertama berada pada kategori cukup efektif. Pada pertemuan kedua, 77%. Sehingga hasil respon belajar siswa pada pertemuan kedua berada pada kategori efektif. Peningkatan pertsentase keseluruhan adalah 28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar matematika menggunakan model Take and Give efektif pada siswa SMK Negeri 5 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Keefektifan Belajar Matematika en_US
dc.subject Model Take and Give en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Take and Give pada Siswa SMK Negeri 5 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account