Abstract:
Penelitian ini untuk meningkatan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri
45 Medan tahun pelajaran 2016/2017 melalui model mind map dalam materi kubus
dan balok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama negeri 45 Medan yang berjumlah
37 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Objek penelitian
adalah kemampuan menyelesaikan soalkubus dan balok. Data hasil penelitian
diperoleh dari observasi pemecahan masalah dan tes hasil belajar. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun
kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan perolehan nilai rata-rata
kelas ≥ 75 dan minimal 85% dari jumlah siswa mencapai KKM (75). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model mind map dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 45 Medan tahun pelajaran
2016/2017. Peningkatan kemampuan prestasi belajar menyelesaikan soal-soal
matematika ditunjukkan oleh hasil tes. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan ada
54,05% (20siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM, pada siklus 2 terdapat
70,27% (26 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Sedangkan pada siklus 3
terdapat 83,78% (31 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata
pada akhir siklus 1 sebesar 26,80. sedangkan pada akhir siklus 2 nilai rata-rata tes
sebesar 27,60. dan pada akhir siklus 3 sebesar 30,60. Maka dapat disimpulkan bahwa