Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Cindi
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:18:34Z
dc.date.available 2020-11-17T07:18:34Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12691
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Datar kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang masing masing terdiri dari 5 buah soal. Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar matematita siswa. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I hasil ketuntasan siswa 52,9 % atau 18 siswa yang tuntas dari 34 siswa dan observasi keaktifan siswa yaitu 1,98 dengan kategori tidak baik, maka harus dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus ii menunjukkan peningkatan yaitu 28 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau 82,3 %, pada siklus II ini yang menjadi tujuan penelitian ini sudah tercapai dan ternyata pada siklus II ini juga mengalami peningkatan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 3,01 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan bangun datar terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Group Investigation en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account