Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian in iadalah apakah pembelajaran matematika efektif
dengan menggunakan model Double Problem Loop Solving pada siswa SMP
Muhammadiyah7 medan T.P 2016/2017. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui
apakah pembelajaran matematika efektif dengan menggunakan model Double Loop
Problem Solving pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2016/2017.Model yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif .Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII Terpada SMP Muhammadiyah 7 yang terdiridari 2
kelasdan yang menjadisampelpenelitianadalahkelas VII Terpadu 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII Terpadu 2 sebagai kelas kontrol.Dari hasi lpenelitian
menggunakan uji t diperoleh harga 2,095.Setelah dibandingkan dengan
harga 2,002, ternyata ditolak dan diterima. Lalu dengan menggunakan
uji gain di dapat dari kelas eksperimen berada dalam katagori tinggi, sedangkan
pada kelas kontrol beradadalamkategoritinggidan di dapat besar keefektifan
menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah 76% dan 74%
tanpa menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Double Loop Problem Solving efektif dalam
pembelajaran matematika pada siswa VII Terpadu SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P
2016/2017.