Abstract:
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dan lemahnya proses pembelajaran peserta didik dalam
memahami pelajaran. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Untuk itu
perlu usaha untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan belajar dan aktivitas belajar siswa pada matematika
materi bangun datar trapesium menggunakan metode penemuan terbimbing pada
siswa kelas VA semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VA SD Negeri 104204 Tembung yang terdiri dari 24 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini meliputi hasil kemampuan belajar siswa yang diambil dari hasil tes
pada setiap siklus, kemampuan yang diambil dari lembar observasi guru. Sedangkan
aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa. Hasil
penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai > 70
pada siklus I ada 17 siswa dengan persentase 70,84% dan pada siklus II ada 20 siswa
dengan persentase 83,33%. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan ratarata skor pada siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II diperoleh 85%. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan metode penemuan
terbimbing pada kegiatan belajar mengajar matematika materi bangun datar
trapesium siswa kelas VA SD Negeri 104204 Tembung tahun pelajaran 2016/2017
dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siswa rata-rata nilainya
baik. Agar dapat mencapai hasil yang optimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran,
guru harus mempertimbangkan kemampuan peserta didik dan fasilitas belajar apa
yang diperlukan.