Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Learning Cell dengan tongkat ajaib terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2019-2020 yang terdiri dari kelas VIII A, VIII B dan kelas VIII C berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini ialah 60 siswa. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII A yang terpilih sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VIII C terpilih sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berita dengan Posttes Only Control Design. Teknik analisis data diketahui bahwa kemampuan menyimpulkan isi berita dengan menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan tongkat ajaib memperoleh nilai rata-rata 79,43 dengan kategori sangat baik dibuktikan dengan persentase nilai 76-100 berjumlah 24 siswa persentase 80%, 51-75 berjumlah 5 persentase 17% dan 26-51 berjumlah 1 siswa persentase 3% dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50. Sedangkan kemampuan menyimpulkan isi berita menggunakan ceramah memperoleh nilai rata-rata 71,33 dengan kategori baik dibuktikan dengan persentase nilai 51-75 berjumlah 27 siswa persentase 90% dan 26-50 berjumlah 3 siswa persentase 10% dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 45. Berdasarkan uji t-hipotesis diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 9,07>1,672. Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran The Learning Cell terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2019-2020