Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara
siswa laki-laki dan perempuan di SMK Negeri Binaan Provsu Tahun Pelajaran
2016/2017 ditinjau dari ranah kognitif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
cara dokumentasi rapor siswa kelas XI boarding school SMK Negeri Binaan Provsu
Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
SMK Negeri Binaan Provsu Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 108 siswa
dimana sebanyak 69 siswa laki-laki dan 39 siswa perempuan. Sampel penelitian
diambil sebanyak 50% dari setiap kelompok populasi sehingga didapat sebanyak 35
siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho : Tidak ada perbedaan hasil belajar antara
siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMK Negeri Binaan Provsu Tahun Pelajaran
2016/20017 dan Ha : Ada perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan siswa
perempuan di SMK Negeri Binaan Provsu Tahun Pelajaran 2016/20017. Berdasarkan
hasil penelitian uji ANOVA dua arah (two way ANOVA) menunjukkan bahwa Ho
diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “tidak ada perbedaan hasil
belajar siswa boarding school berdasarkan gender di SMK Negeri Binaan Provsu
Tahun Pelajaran 2016/2017”