Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar
matematika siswa menggunakan model Make a Match pada siswa SMP
Muhammadiyah 1 Medan T.P.2016/2017 ?. (2) Apakah dengan penerapan model
Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 1 Medan T.P.2016/2017?. Peneliti ini bertujuan (1)
Untukmengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Make a Match
dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di SMP Muhammadiyah 1
medan T.P 2016/2017. (2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan model
Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 1 Medan T.P.2016/2017 ?. Jenis penelitian di lakukan adalah
penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini di peroleh melalui tes dan
observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
Terpadu 1 SMP Muhammadiah 1 MedannT.P 2016.2017.yang berjunlah 31 yang
terdiri diri dari 13 orang siswa Laki-laki dan 18 orang siswa Perempuan. Penelitian
ini di lakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai
tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan
siswa yang di peroleh di lapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil
belajar siswa dari siklus I di peroleh 19 siswa (60,29%) yang mencapai
ketentutasan.dan yang belum mencapai ketuntasan 12 siswa (38,71%). Sedangkan
untuk hasil belajar pada siklus II di peroleh 29 siswa (93,55%) yang tuntas dan
yang belum mencapai ketuntasan 3 siswa (9,68%). Dengan demikian dapat si
simpulkan bahwa dengan menggunakan model make a macth dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Segitiga pada siswa SMP
Muhammadiyah 1 Medan Tahun pPelajaran 2016/2017.