Research Repository

Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Probing Prompting Pada Siswa SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Pohan, Hamimi Haflah
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:08:06Z
dc.date.available 2020-11-17T07:08:06Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12667
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan model probing prompting pada materi himpunan siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model probing prompting. untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Pengamatan digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar matematika siswa dan keterlaksanaan proses pembelajaran materi himpunan menggunakan model probing prompting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data observasi dan analisis keaktifan belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika menggunakan model probing prompting pada materi himpunan siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) pada tahap awal rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 1,5 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar 38,5 % , (2) pada siklus I rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 2,2 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar 56,6 % , (3) pada siklus II rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 2,8 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar 70,2 %. en_US
dc.subject keaktifan belajar matematika en_US
dc.subject probing prompting en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Probing Prompting Pada Siswa SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account