Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika
dengan menggunakan model probing prompting pada materi himpunan siswa kelas
VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B
SMP Muhammadiyah 48 Medan yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini
adalah penggunaan model probing prompting. untuk meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi.
Pengamatan digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar matematika
siswa dan keterlaksanaan proses pembelajaran materi himpunan menggunakan model
probing prompting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data observasi dan analisis keaktifan belajar matematika.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika
menggunakan model probing prompting pada materi himpunan siswa kelas VII-B
SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1)
pada tahap awal rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 1,5 dan persentase
keaktifan belajar matematika sebesar 38,5 % , (2) pada siklus I rata-rata nilai
observasi keaktifan sebesar 2,2 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar
56,6 % , (3) pada siklus II rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 2,8 dan
persentase keaktifan belajar matematika sebesar 70,2 %.