Research Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision Terhadap Kemampuan Belajar Matematika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ani, Fitri
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:06:08Z
dc.date.available 2020-11-17T07:06:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12662
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan dan seberapa signifikan berpengaruhnya metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 MedanT.P 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes berupa tes awa l(pretest) dan tes akhir (post-tes) yang terdiri masing-masingnya 5 item soal tes awal (pretest) dan 5 item soal tes akhir (post-tes). Hasil uji validitas dari 15 item soal diperoleh ada 11 item soal yang valid dan 4 item soal yang tidak valid.Sebagai populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan yang berjumlah 93 siswa, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKR yang berjumlah 68 siswa. Hasil uji reabilitas dari 15 yang valid diperoleh bahwa 11 soal yang reliable. Setelah dilakukan pengujan data kemampuan pemahaman matematika ternyata diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung (5,34) > ttabel (1,99656). Maka Hα diteima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan dari uji hipotesis bahwa kemampuan belajar matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017. Adapun besar pengeruh metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017 adalah sebesar 2,89 %. en_US
dc.subject Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision Terhadap Kemampuan Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision Terhadap Kemampuan Belajar Matematika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account