Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Model Number Head Together pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Rambe, Ahmad Sayudi
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:05:03Z
dc.date.available 2020-11-17T07:05:03Z
dc.date.issued 2017-03-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12660
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemandirian siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan model Numbered Head Together kelas VIII – B SMP Swasta Imelda Medan TP.2016/2017 dan untuk mengetahui apakah ada peningkatkan siswa dalam belajar matematika dengan menggunaakan model Numbered Head Together ini kelas VIII-B SMP Swata Imelda Medan TP.2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas, yaitu untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Imelda Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 orang, yang terdiri dari 13 orang laki – laki dan 23 orang perempuan. Dan objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan Kemandirian dalam belajar matematika pada siswa SMP Imelda TahunPembelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian Tahap awal dapat dilihat dari 36 siswa hanya 3 orang siswa yang masuk kategori cukup dengan prensentase sebesar 7%. Pada siklus I setelah menggunakan model Numbered Head Together terjadi peningkatan dari 36 siswa ada 35 siswa yang mencapai katagori cukup dan presentasi kemandirian belajarnya yaitu 97 % dengan rata – rata kemandiriannya adalah 2,43 dengan kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan dari 36 siswa ada 17 siswa yang mencapai katagori baik dan presentase kemandirian belajar yaitu 47% dengan rata – rata kemandirian belajarnya adalah 3,11 dengan katagori Baik dan pada siklus III kembali terjadi peningkatan dari 36 siswa ada 18 siswa yang mencapai kategori Sangat baik dan presentase kepercayaan dirinya yaitu 50% dengan rata – rata kemandiran adalah 3,9 dengan katagori sangat baik. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. en_US
dc.subject Kemandirian Belajar Siswa en_US
dc.subject Model Numbered Head Together en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Model Number Head Together pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account