Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana peningkatan
kemandirian siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan model Numbered Head
Together kelas VIII – B SMP Swasta Imelda Medan TP.2016/2017 dan untuk mengetahui
apakah ada peningkatkan siswa dalam belajar matematika dengan menggunaakan model
Numbered Head Together ini kelas VIII-B SMP Swata Imelda Medan TP.2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas, yaitu untuk mengetahui peningkatan
kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP Imelda Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 orang, yang terdiri
dari 13 orang laki – laki dan 23 orang perempuan. Dan objek dalam penelitian ini adalah Model
Pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan Kemandirian dalam belajar
matematika pada siswa SMP Imelda TahunPembelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dan catatan lapangan.
Dari hasil penelitian Tahap awal dapat dilihat dari 36 siswa hanya 3 orang siswa yang
masuk kategori cukup dengan prensentase sebesar 7%. Pada siklus I setelah menggunakan model
Numbered Head Together terjadi peningkatan dari 36 siswa ada 35 siswa yang mencapai
katagori cukup dan presentasi kemandirian belajarnya yaitu 97 % dengan rata – rata
kemandiriannya adalah 2,43 dengan kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan dari 36
siswa ada 17 siswa yang mencapai katagori baik dan presentase kemandirian belajar yaitu 47%
dengan rata – rata kemandirian belajarnya adalah 3,11 dengan katagori Baik dan pada siklus III
kembali terjadi peningkatan dari 36 siswa ada 18 siswa yang mencapai kategori Sangat baik dan
presentase kepercayaan dirinya yaitu 50% dengan rata – rata kemandiran adalah 3,9 dengan
katagori sangat baik. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
Numbered Head Together dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.