Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari
promotion mix terhdap kepuasan nasabah pada BPRS Puduarta Insani Medan
Tembung. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah adalah nasabah yang ada
pada BPRS Puduarta Insani yang berjumlah 394 orang nasabah. Sedangkan
sampel diambil dengan penentuan jumlah atau ukuran sampel menggunakan cara
random sampling sebanyak 40 orang nasabah. Teknik analisa data menggunakan
uji kualitas data, uji rebilitas data, uji regresi sederhana, uji hipotesis, uji parsial t
hitung (uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka
dapat diambil kesimpulan bahwa promotion mix berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nsabah, hal ini didasarkan pada hasil Uji t 2.383 > 2.022 nilai dengan
sig 0,022 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji
Determinasi Nilai R Square 0,130 atau 13%, yang berarti menunjukkan sekitar
13% variabel kepuasan nasabah (Y) dipengaruhi oleh promotion mix (X).
Sementara sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini
variabel promotion mix mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,022
dan hanya sekitar 13% promotion mix mampu menjelaskan variabel kepusan
nasabah.