Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar matematika siswa
SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2016-2017 menggunakan strategi
pembelajaran Guided Note Taking. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X-3 SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 40 siswa. Yang menjadi objek
adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Guided Note Taking
terhadap motivasi belajar matematika siswa. Instrumen yang digunakan adalah
angket. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh signifikan pada
kategori “sedang” antara strategi pembelajaran Guided Note Taking terhadap motivasi
belajar siswa kelas X. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi yang diperoleh dari
perhitungan uji hipotesis (rhitung = 0,404 > rtabel = 0,304 dan thitung = 2,722 > ttabel =
2,024) dengan determinan 16,925%. Jadi ada pengaruh antara strategi pembelajaran
Guided Note Taking terhadap motivasi belajar matematika siswa SMA
Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017.