Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh
kemampuan penalaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
sssssNegeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017.(2) Apakah ada pengaruh
kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada
pokok pembahasan barisan dan deret aritmatika siswa kelas IX SMP NEGERI 1
Batang Kuis TP 2016/2017.(3) Apakah ada pengaruh kemampuan penalaran dan
komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok
pembahasan barisan dan deret aritmatika siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang
Kuis TP 2016/ 2017.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
kemampuan penalaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui apakah ada
pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar
matematika pada pokok pembahasan tabung siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang
Kuis T.P 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan
komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok
pembahasan tabung siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang Kuis T.P 2016/ 2017.
Adapun metode penelitian ini adalah tes untuk kemampuan penalaran dan
komunikasi matematika. Sedangkan untuk mengumpulkan data hasil belajar
matematika diambil dari nilai uas siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Batang Kuis.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis
sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis pada kelas
IX-D yang berjumlah 38 orang.
Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : rata-rata
kemampuan penalaran siswa sebesar 7,89 , rata-rata kemampuan komunikasi sebesar
7,92 , serta rata rata hasil belajar matematika siswa sebesar 88,7. Persamaan garis
regresi yaitu Yc = 172,99 + 3,757 X1 – 4,409 X2. Besarnya pengaruh kemampuan
penalaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017 kelas IX- D 0,714. Dengan
signifikan taraf nyata α 5%. Dari peneltian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika
siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017.