Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah relationship quality
(kualitas hubungan) mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah
pada BMT El Munawar Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.788
nasabah, sedangkan sampel yang digunakan yaitu 44 nasabah berdasarkan
perhitungan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi dan kuesioner (angket). Teknik analisa data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Sederhana, Uji t
dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
program software SPSS (Statistic Package For The Social Science) versi 20.00 for
windows.
Dari hasil pengolahan data Uji Asumsi Klasik data bersifat normal. Dari
hasil uji t diketahui nilai ttabel = 2,018 sedangkan nilai thitung antara relationship
quality terhadap loyalitas nasabah adalah 11,589. Dari hasil Koefisien
Determinasi diperoleh nilai Adjusted R – Square yaitu 0,762 atau 76,2%.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan relationship
quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BMT El Munawar
Medan.