Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan belajar matematika siswa menggunakan Model Team Quiz
pada siswa SMP Negeri 5 Medan T.P 2017/2018? Subjek Penelitian ini adalah siswa
kelas VII-2 SMP Negeri 5 Medan T.P 2017/2018, yang berjumlah 34 orang dan yang
menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar
matematika menggunakan model Team Quiz. Metode penelitian yang kan adalah
metode Deskripsi Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi meliputi
: (Aktivitas belajar siswa dan Kemampuan guru mengelola pembelajaran) dan angket.
Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55.00 dengan 10
siswa yang tuntas dan 24 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar
siswa secara klasikal sebesar 29,41%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa sebesar 84,11dengan 29 siswa yang tuntas, dan 5 siswa yang tidak
tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa klasikal 85,29%. Ditinjau dari aktivitas
siswa memperoleh persentase sebesar 81% dan berada dalam kategori Aktif dalam
aktivitas belajarnya, diitinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
memperoleh persentase sebesar 83% dan berada dalam kategori Baik dalam
mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar
85% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas.
Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika yang dilaksanakan dengan Model Team Quiz pada pokok bahasan
Himpunan Efektif pada siswa SMP Negeri 5 Medan T.P 2017/2018.