Abstract:
Bagaimana ketuntasan belajar siswa menggunakan model Brainstorming dalam materi
lingkaran pada siswa kelas VIII-5 SMP PAB 3 Saentis T.P 2016/2017. Bagaimana aktivitas
siswa menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII-5 SMP
PAB 3 Saentis T.P 2016/2017. Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII-5 SMP PAB 3
Saentis T.P 2016/2017. Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran yang positif
menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP PAB 3
Saentis T.P 2016/2017.
Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketuntasan
belajar siswa menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII5 SMP PAB 3 Saentis T.P 2016/2017. untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa
menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII-5 SMP PAB 3
Saentis T.P 2016/2017. untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII5 SMP PAB 3 Saentis T.P 2016/2017. untuk mengetahui Bagaimana respon siswa terhadap
pembelajaran yang positif menggunakan model Brainstorming dalam materi lingkaran pada
siswa kelas VIII-5 SMP PAB 3 Saentis T.P 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 3 Saentis T.P
2016/2017. Yang berjumlah 224 orang. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII-5
yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa essay sebanyak 5 soal
yang diambil dari bank soal.
Dari analisa data dan diperoleh penggunaan model Brainstorming dalam materi lingkaran
pada siswa SMP PAB 3 Saentis T.P 2016/2017 adalah efektif ditinjau dari ketuntasan belajar,
lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dan lembar observasi
respon siswa.