Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Direct Instruction Pada Siswa MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Juhriyani, Devi
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:01:17Z
dc.date.available 2020-11-17T07:01:17Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12650
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk essay test sebanyak 3 test yang terdiri dari 5 butir soal untuk siklus I, 5 butir soal untuk siklus II, dan 5 butir soal untuk siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 45 orang siswa yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung materi Fungsi Komposisi. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada siklus I mencapai 42,22% (19 siswa) yang tuntas dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 68,89% (31 siswa) yang tuntas dengan rata-rata minatnya 2 kategori cukup, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,11% (41 siswa) yang tuntas, dengan rata-rata 3 kategori baik. Dimana pada siklus I terdapat 57,78% (26 siswa) yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 31,11% (14 siswa) yang tidak tuntas, dan pada siklus III hanya terdapat 8,89% (4 siswa) yang tidak tuntas belajar. Terbukti dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Direct Instruction pada materi Fungsi Komposisi. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Direct Instruction dan Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Direct Instruction Pada Siswa MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account