Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model
pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan
adalah tes tertulis dalam bentuk essay test sebanyak 3 test yang terdiri dari 5 butir soal
untuk siklus I, 5 butir soal untuk siklus II, dan 5 butir soal untuk siklus III. Sementara
observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian
ini adalah kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017
yang berjumlah 45 orang siswa yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa
perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model
pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung materi Fungsi Komposisi. Dari
hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan
menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada siklus I mencapai 42,22%
(19 siswa) yang tuntas dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori
kurang, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 68,89% (31 siswa) yang tuntas dengan
rata-rata minatnya 2 kategori cukup, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,11% (41
siswa) yang tuntas, dengan rata-rata 3 kategori baik. Dimana pada siklus I terdapat
57,78% (26 siswa) yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 31,11% (14 siswa) yang
tidak tuntas, dan pada siklus III hanya terdapat 8,89% (4 siswa) yang tidak tuntas
belajar. Terbukti dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22
Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Direct Instruction
pada materi Fungsi Komposisi.