Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui dengan strategi Small Group
Discussion dapat peningkatan kemampuan belajarmatematika pada siswa. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-AP2
SMK Taman Siswa Medan yang
berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswi semuanya 30. Instrumen yang digunakan
peneliti adalah tes. Tes yang digunakan untuk melihat kemampuan belajar
matematika siswa yaitu berbentuk uraian dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dari
hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan belajar matematika siswa pada
pokok bahasan matriksdengan tes awal 16,7% dan pada siklus I meningkat menjadi
60% dan siklus ke II menjadi 86,7% , atau ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar
maka dari hasil tes awal diperoleh 25 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75
dan siklus I diperoleh menjadi 12 siswa, dan pada siklus II menjadi 4 siswa. Dan
dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal diperoleh 83,3%
siklus I 40%, dan siklus II memperoleh 13,3%. Dari analisis yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan
kemampuan belajar matematika siswa kelas X-AP2
SMK Taman Siswa Medan T.P
2016/2017.