Abstract:
Permasalahan pada penilitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa
kelas XI-AK2 SMK Muhammadiyah 04 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model
pembelajaran Double Loop Problem Solvingpada siswa kelas XI-AK2 SMK
Muhammadiyah 04 Medan T.P 2016/2017.Penelitian ini dilakukan di SMK
Muhammadiyah 04 Medan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XIAK2 SMK Muhammadiyah 04 Medan yg berjumlah 39 siswa/i. Tehnik pengumpulan
data dengan lembar observasi siswa , lembar observasi guru serta test siklus I dan
siklus II yang keduanya berjumlah 20 soal. Tehnik analisis data melalui menghitung
rata-rata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil
observasi.Dari hasil analisis data menunjukan hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah nilai hasil belajar pada
test siklus I yaitu 75,51 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 40 hasil ketuntasan
74,35% , Sedangkan pada test siklus II yaitu 83,97 dengan nilai tertinggi 90 dan
terendah 55 dan hasil ketuntasan 94,4%. Dengan kata lain hasil dari siklus I dan
siklus II meningkat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Double Loop Problem Solving terbukti dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar
matematika siswa di kelas XI-AK2 Smk Muhammadiyah 04 Medan T.P 2016/2017 .