Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Pohan, Beby Marlina Sundari
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:57:54Z
dc.date.available 2020-11-17T06:57:54Z
dc.date.issued 2017-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12642
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk essay test sebanyak 3 test yang terdiri dari 10 butir soal untuk siklus I, 10 butir soal untuk siklus II, dan 10 butir soal untuk siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 orang siswa yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai materi Himpunan. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada siklus I mencapai 42,22% (19 siswa) yang tuntas dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 71,11% (32 siswa) yang tuntas dengan rata-rata minatnya 2 kategori cukup, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,11% (41 siswa) yang tuntas, dengan rata-rata 3 kategori baik. Dimana pada siklus I terdapat 57,78% (26 siswa) yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 28,89% (13 siswa) yang tidak tuntas, dan pada siklus III hanya terdapat 8,89% (4 siswa) yang tidak tuntas belajar. Terbukti dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada materi Himpunan. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account