Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model
pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan
adalah tes tertulis dalam bentuk essay test sebanyak 3 test yang terdiri dari 10 butir
soal untuk siklus I, 10 butir soal untuk siklus II, dan 10 butir soal untuk siklus III.
Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek
dalam penelitian ini adalah kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran
2017/2018 yang berjumlah 45 orang siswa yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 30
orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin
Binjai materi Himpunan. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar
yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri
Mathematics Project pada siklus I mencapai 42,22% (19 siswa) yang tuntas dalam
pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit
meningkat menjadi 71,11% (32 siswa) yang tuntas dengan rata-rata minatnya 2
kategori cukup, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,11% (41 siswa) yang
tuntas, dengan rata-rata 3 kategori baik. Dimana pada siklus I terdapat 57,78% (26
siswa) yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 28,89% (13 siswa) yang tidak tuntas,
dan pada siklus III hanya terdapat 8,89% (4 siswa) yang tidak tuntas belajar. Terbukti
dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan
hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun
Pelajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada
materi Himpunan.