Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah penggunaan media
pembelajaran Autograph efektif dalam pembelajaran Matematika pada siswa SMK
PAB 2 Helvetia Medan? 2) Berapa persen keefektifan penggunaan media
pembelajaran Matematika pada siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan? Penelitian ini
bertujuan untuk 1) Mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Autograph
efektif dalam pembelajaran Matematika pada siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan. 2)
Mengetahui berapa persen keefektifan penggunaan media pembelajaran Autograph
dalam pembelajaran Matematika pada siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Medan,
dengan sampel penelitian yang diambil secara acak berjumlah 65 siswa dengan
rincian pada kelas XI RPL-3 berjumlah 31 siswa dan kelas XI RPL-1 berjumlah 34
siswa. Sampel pada kelas XI RPL-3 merupakan sampel kelas eksperimen dan sampel
pada kelas XI RPL-1 merupakan sampel kelas kontrol. Dari hasil penelitian
menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,68464 dan ttabel = 1,998341 (uji dua pihak dan
dengan interpolasi) dengan taraf signifikan α = 0,05, hal ini menunjukkan bahwa nilai
thitung > ttabel maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan menggunakan
rumus mencari nilai rata-rata, diperoleh rata-rata pada kelas eksperimmen sebesar
0,891935 dan besar presentase efektivitas penggunaan media pembelajaran
Autograph sebesar 89%. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas,maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Autograph dalam pembelajaran
matematika pada siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017 efektif pada
pokok bahasan Transformasi Geometri.