Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran menggunakan
model Group Investigation (GI) efektif meningkatkan motivasi belajar matematika
pada siswa kelas X SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017?.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran group investigation
dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X SMK Dwi Tunggal 1
Tanjung Morawa T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
observasi dan angket. Observasi yang digunakan merupakan pernyataan dari proses
pembelajaran. Observasi terdiri dari lembar observasi efektivitas pembelajaran siswa,
dan observasi motivasi belajar siswa. Lembar observasi efektivitas pembelajaran
siswa terdiri dari 12 item atau indikator, dan observasi motivasi belajar siswa terdiri
dari 6 indikator. Sementara angket motivasi siswa yang digunakan terdiri dari 30
pernyataan mengenai pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa, sedangkan yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P
2016/2017.Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan motivasi belajar
matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation
sebesar 75% pada pertemuan pertama dan berkategori efektif, sedangkan pada
pertemuan kedua penggunaan model pembelajaran group investigation mencapai
80% dan berkategori efektif. Oleh Karena itu penggunaan model pembelajaran group
investigation efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa
SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 yaitu mencapai standar
keefektifan pembelajaran 75% - 100%.