Abstract:
Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya keefektifan belajar siswa dalam
pembelajaran matematika. Siswa lebih banyak pasif dalam proses pembelajaran
matematika disebabkan guru hanya menyampaikan pembelajaran dengan metode
ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, tidak cukup dengan diberikannya
metode ceramah atau demostrasi yang dibekali dengan teori yang diajarkan tetapi
siswa harus mengaplikasikan pemahaman tersebut kedalam praktek sehingga siswa
lebih terampil dalam melakukan dan menguasai pelajaran matematika tersebut. Untuk
itu dalam penelitian ini penulis memilih media yang dapat menciptakan keefektifan
belajar matematika siswa yaitu media Macromedia Flash. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika akan lebih efektif dengan media
Macromedia Flash pada SiswaSMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017.
Instrument penelitian ini melalui tes dimana menggunakan pre-test dan post-test. Soal
tes efektivitas pembelajaran matematika siswa mengenai uraian dan menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ap-3 T.P 2016/2017 yang berjumlah 28
siswa. Efektivitas pembelajaran matematika ditinjau dari hasil peningkatan pre-test
dan post-test sebesar 73%. Karena terdapat peningkatan yang tinggi terhadap hasil
belajar setelah menggunakan media Macromedia Flash maka dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa media Macromedia Flash dapat menciptakan pembelajaran
matematika menjadi efektif pada siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017.