Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Strategi Three Stage Fishbowl decision Pada Siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Apriliana
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:44:08Z
dc.date.available 2020-11-17T06:44:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12622
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan belajar matematika siswa menggunakan strategi Three Stage Fishbowl decision pada siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 42 Siswa dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan belajar matematika menggunakan strategi Three Stage Fishbowl decision. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptid kualitatif dibantu dengan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi meliputi (Aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran) dan angket respon siswa. Pada hasil tes I diperolehrata-rata hasil belajar siswa sebesar 54,95 dengan 15 siswa yang tuntas dan 27 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 35,71%. Pada tes II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,02 dengan 25 siswa yang tuntas dan 17 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 59,52%. Dan pada tes III diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,55 dengan 35 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 84% dan berada dalam kategori sangat aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelol pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92% dan berada dalam kategori sangat baik dalam mengelola pembelajar, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 88% dan berada dalam kategori sangat positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan strategi Three Stage Fishbowl decision pada pokok bahasan lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Strategi Three Stage Fishbowl decision en_US
dc.subject Keefektifan Belajar en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Strategi Three Stage Fishbowl decision Pada Siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account