Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan belajar matematika siswa menggunakan strategi Three Stage
Fishbowl decision pada siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017? Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017, yang
berjumlah 42 Siswa dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah untuk
melihat keefektifan belajar matematika menggunakan strategi Three Stage Fishbowl
decision. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptid kualitatif
dibantu dengan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi
meliputi (Aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran) dan
angket respon siswa. Pada hasil tes I diperolehrata-rata hasil belajar siswa sebesar
54,95 dengan 15 siswa yang tuntas dan 27 siswa yang tidak tuntas serta tingkat
ketuntasan klasikal sebesar 35,71%. Pada tes II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa
sebesar 75,02 dengan 25 siswa yang tuntas dan 17 siswa yang tidak tuntas serta
tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 59,52%. Dan pada tes III
diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,55 dengan 35 siswa yang tuntas dan
7 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Ditinjau
dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 84% dan berada dalam kategori
sangat aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam
mengelol pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92% dan berada dalam
kategori sangat baik dalam mengelola pembelajar, ditinjau dari respon siswa
memperoleh persentase sebesar 88% dan berada dalam kategori sangat positif dalam
merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan
strategi Three Stage Fishbowl decision pada pokok bahasan lingkaran efektif pada
siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017.