Research Repository

Penerapan Metode Personalized System Of Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak T.P. 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Anggun Widya
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:42:05Z
dc.date.available 2020-11-17T06:42:05Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12618
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2015/2016? dan bagaimana penerapan pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan metode Personalized System of pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui Bagaimana penerapan pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 38 siswa lakilaki. Dan objek penelitian ini adalah penerapan Metode Personalized System Of Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak T.P.2016/2017. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar dengan hasil tes siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh 42,10% dan pada siklus II meningkat menjadi 63,16% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,84%. Atau ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar maka dari hasil tes siklus I diperoleh 22 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus II menjadi 14 siswa , kemudian pada siklus III menjadi 5 siswa. Dan dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes siklus I memperoleh 57,90% dan pada siklus II memperoleh 36,84% dan pada siklus III memperoleh 13,16%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Metode Personalized System Of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak tahun pelajaran 2016/2017. en_US
dc.subject Personalized System Of Instruction en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Metode Personalized System Of Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak T.P. 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account