Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode
Personalized System of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah
kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2015/2016? dan bagaimana penerapan
pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan metode Personalized System
of pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah
Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan metode Personalized System of
Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah kecamatan Hamparan
Perak Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui Bagaimana penerapan
pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan metode Personalized System
of Instruction pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah
Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek dari
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah
Kecamatan Hamparan Perak yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 38 siswa lakilaki. Dan objek penelitian ini adalah penerapan Metode Personalized System Of
Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK Tarbiyah Islamiyah
Kecamatan Hamparan Perak T.P.2016/2017. Dari hasil penelitian dapat dilihat
peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar dengan hasil tes
siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh 42,10% dan pada siklus II
meningkat menjadi 63,16% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,84%. Atau
ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar maka dari hasil tes siklus I diperoleh 22 siswa
yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus II menjadi 14 siswa ,
kemudian pada siklus III menjadi 5 siswa. Dan dilihat dari ketidaktuntasan siswa
pada tes siklus I memperoleh 57,90% dan pada siklus II memperoleh 36,84% dan
pada siklus III memperoleh 13,16%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa Metode Personalized System Of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak tahun
pelajaran 2016/2017.