Research Repository

Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara Siswa yang Mendapat Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning pada Siswa SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Muhazir, Ahmad
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:41:03Z
dc.date.available 2020-11-17T06:41:03Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12617
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model discovery learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika anatara siswa yang mendapatkan model discovery learning dengan model problem based learning. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu sekolah menengah atas di kabupaten Langkat. Sampelnya adalah siswa kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas X Mia 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 47 dan 45 orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Two Group Post Test Only. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tentang pemecahan masalah matematika. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05 diperoleh nilai probabilitas (Sig.) 0,033 < 0,05 maka H0 Ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapat model discovery learning dan model problem based learning. Walaupun demikian, kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery learning maupun siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning, keduanya termasuk kategori sedang. en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika en_US
dc.title Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara Siswa yang Mendapat Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning pada Siswa SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account