dc.description.abstract |
Terminal adalah salah satu komponen dari sistem tranportasi yang mempunyai
fungsi utama sebagai tempat pemberhentian sementara kenderaan umum untuk
menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang hingga sampai ke akhir suatu
perjalanan. Terminal H.M Tohar Pal IV Pijorkoling Padangsidimpuan mempunyai
peranan yang sangat penting dalam roda perekonomian masyarakat kota
Padangsidimpuan dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan. Atas dasar
tersebut dilakukan penelitian untuk mengevaluasi kinerja dan teknis pelayanan
terminal H.M Tohar Pal IV Pijorkoling Padangsidimpuan. Penelitian dimulai
dengan survei lokasi, menyiapkan kuisioner pertanyaan untuk penumpang dan
supir, menghitung angkutan umum yang keluar dan masuk serta menghitung
kendaraan yang masuk pelataran parkir. Survey dilakukan selama 7 dari hari
Senin, sampai dengan Minggu dari jam 07.00 – 17.00. Pengolahan data diambil 1
hari terpadat untuk mewakili data yang lainnya dan hari terpadat terjadi pada hari
Sabtu dengan jumlah angkutan umum 376 kendaraan. Dari pengolahan data dapat
disimpulkan bahwa masih kurangnya pelayanan di Terminal H.M Tohar Pal IV
Pijorkoling karena banyak fasilitas-fasilitas terminal yang tidak ada dan kurang
baik. Untuk perparkiran didapat jumlah kendaraan yang parkir maksimum
ANGKOT 8 kendaraan/jam, AKDP 13 kendaran/jam. Sedangkan daya tampung
maksimum parkir yang tersedia untuk jenis-jenis angkutan umum: ANGKOT 674
kendaraan/jam, AKDP 468 kendaraan/jam. Untuk headway rata-rata kedatangan
didapat 3,87 menit untuk AKDP dan 2,71 menit Untuk ANGKOT. Untuk
headway rata-rata keberangkatan didapat 3,82 menit untuk AKDP dan 2,68 menit
untuk ANGKOT dan total sirkulasi untuk AKDP 1418,98 detik kemudian untuk
ANGKOT 318,64 detik . |
en_US |