dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan Strategi
Card Sort Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-quran
Hadis Kelas VIII MTS Muhammadiyah 15 Medan”. Sedangkan yang menjadi tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Card Sort
Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-quran Hadis Kelas
VIII MTS Muhammadiyah 15 Medan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk ke dalam kategori penelitian kuantitatif.
Populasi ini diambil dari seluruh kelas VIII sebanyak 45 orang dan Sampel yang diambil
sebesar 16 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik
pengumpulan data yaitu Observasi, Angket, dan Tes. Pengolahan analisis data ini
menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis. Setelah
data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment
dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil korelasi product moment dengan
tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh nilai bahwa
= 0,675 lebih besar dari pada nilai baik itu taraf signifikansi 5% (0,497) dan
1% (0,623) dengan formulasi bandingan yaitu 0,675 ≥ 0,497 dan 0,623. Maka dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara pengaruh penerapan Strategi Card
Sort Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-quran Hadis
Kelas VIII MTS Muhammadiyah 15 Medan” |
en_US |