dc.description.abstract |
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan
kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan
masalah pembelajaran di sekolah. Khusus dalam penelitian ini, tujuan di lakukan
penelitian tindakan kelas adalah untuk: Meningkatkan Hasil belajar pendidikan
Agama Islam siswa melalui model pembelajarna Team Games Tournament
(TGT). Meningkatkan minat belajar dan motivasi siswa melalui model
pembelajarna Team Games Tournament (TGT). Guru dapat meningkatkan strategi
dan kualitas pembelajaran.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 10179
Deli Tua Kab.Deli Serdang tahun pelajaran 2016-2017. Dengan jumlah siswa
sebanyak 24 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa
perempuan.
Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah.
Prosedur penelitian di lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pelaksanaan penelitian di lakukan melalui 2 siklus yang di rancang
secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) siklus 1 sampai
siklus 2 dapat di lihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar pendidikan agama
islam siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament
(TGT) yaitu pada siklus 1 hasil belajar siswa dari 33.33 %, menjadi 45.83% dan
meningkat lagi pada siklus 2 yaitu 75.00%. Dari hasil observasi siklus 1 sampai
siklus 2 maka model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa. |
en_US |