dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana Efektivitas Pemberian Layanan Informasi dalam Menentukan
Pendidikan Lanjutan Pada Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk
Mengembangkan Efektivitas Pemberian Layanan Informasi dalam Menetukan
Pendidikan Lanjutan Pada Siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Ilmu Sosial yang
berjumlah 18 orang siswa yang rendah dalam menentukan pendidikan lanjutan.
Insrument yang digunakan adalah angket dan wawancara. Angket untuk
menjaring data siswa yang belum belum dapat menentukan pendidikan lanjutan
serta diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen
diberikan sebelum dan setelah pemberian layanan informasi. Wawancara untuk
meleihat sejauh mana guru bimbingan konseling memberikan layanan informasi
sesuai kebutuhan siswa.
Teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, dan uji t.
Uji validitas dalam instrument angket yang dibagi kepada siswa dapat
dinyatakan valid, sebab hasil rhitung > rtabel yaitu 0,724 > 0,361. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi efektiv untuk meningkatkan
kemampuan dalam menentukan pendidikan lanjutan siswa. Hal ini yerlihat jelas
bahwa, uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu 13,03 > 1,690. Berdasarkan hasil uji t
tersebut terdapat pengaruh positif yang signifikan dalam pemberian layanan
informasi dalam menentukan pendidikan lanjutan siswa kelas XI Madrasah
Aliyah Negeri 1 Medan , maka hipotesis dapat diterima. |
en_US |