Abstract:
Penelitian ini berjudul “Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di
Kalangan Mahasiswa”. (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Ekonomi Unimed). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif
dan pola penggunaan Instagram di kalangan mahasiswa Unimed Fakultas
Ekonomi program studi Pendidikan Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini
adalah 490 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2014, 2015, 2016, 2017
yang merupakan pengguna Instagram dan aktif dalam perkuliahan. Sampel
diambil 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 49 orang. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, dan
Teori Uses and Gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif yang merupakan suatu metode yang hanya
menjelaskan dan memaparkan situasi atau peristiwa dan penelitian ini tidak
mencari dan menjelaskan hubungan. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah
teknik analisan data dengan melakukan tabulasi terhadapap hasil data angket yang
telah diisi oleh responden, data yang diperoleh selanjutnya ditampilkan dalam
bentuk tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil tabulasi data tersebut
selanjutnya dilihat kecenderungan jawaban responden berdasarkan persentase dari
masing-masing pilihan jawaban kemudian ditarik kesimpulan dari persentase
jawaban tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif responden
menggunakan Instagram adalah untuk “mencari kesenangan/hiburan”. Pola
penggunaan Instagram di kalangan responden cenderung tidak teratur, namun
berdasarkan hasil penelitian pola penggunaan Instagram pada umumnya terlihat
dari frekuensi penggunaan sebanyak lebih dari 4 (empat), durasi kurang dari 1
(satu) jam, waktu penggunaan lebih banyak pada malam hari, konten paling
banyak dilihat adalah foto tempat wisata dan video tutorial.