dc.description.abstract |
Pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata,
menyediakan atau mengusahakan objek dan daya tarik wisata, usaha sarana
pariwisata dan usaha yang terkait di bidang tersebut. Khususnya di Kota Medan,
banyak wisata- wisata yang dapat di kunjungi. Misalnya, bangunan kuno yang
bersejarah, yang memiliki nilai-nilai agama (religi) dimana wisata tersebut
mengalami naik turunnya pengnjung yang datang. Masalah dari penelitian ini
adalah: “Bagaimana Strategi Promosi Pariwisata Dalam Dinas Pariwisata Dan
Kebudayaan Dalam Mengembangkan Wisata Religi Di Kota Medan?”. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan dalam meningkatkan objek wisata serta strategi promisi dan kendala
dalam pengembangan objek pariwisata religi di Kota Medan. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif, melalui kegiatan
observasi, yakni melakukan wawacara di lokasi. Narasumber dalam penelitian ini
berjumlah 4 orang yaitu Staff Bagian Dinas Kebudayaan, Kepala Bagian Dinas
Pariwisata, Wisatawan yang sedang berada di Majid Raya dan juga Tjong A Fie.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Promosi Pariwisata dalam Dinas
Pariwisata dan Kebudayaan dalam mengembangkan wisata religi di Kota Medan ini
sesuai dengan keinginan dimana promosi tersebut dibuat dengan cara membuat even-even
dan juga melalui media- media. Naik turunnya jumlah pengunjung yang datang ke wisata
religi membuat Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan berinovasi agar setiap tahunnya
dapat meningkatkan jumlah wisatawan, baik wisata lokal maupun wisata mancanegara. |
en_US |