Abstract:
Masalah penelitian ini adalah siswa tidak mampu menulis eksposisi. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media televisi reality show terhadap
kemampuan menulis eksposisi oleh siswa kelas VIII PAB 2 Helvetia tahun
pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PAB
2 Helvetia Tahun pembelajaran 2016-2017 berjumlah 169 siswa terdiri dari 4 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas yang terpilih menjadi
dua sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah
43 siswa dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 41 siswa, jumlah
keseluruhan siswa yaitu 83 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design dan alat
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes penugasan berupa teks tertulis.
Diketahui kemampuan menulis eksposisi dengan menggunakan Media Televisi
Reality Show adalah baik sekali atau 83,5 dan kemampuan menulis eksposisi tanpa
menggunakan Media Televisi Reality Show adalah cukup atau 64,2. Berdasarkan uji-t
diperoleh nilai pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 24,3 > 3,19 maka Ha
diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang
signifikan penggunaan Media Televisi Reality Show terhadap kemmampuan. Menulis
Eksposisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016-
2017.