Abstract:
Kosmetik sudah dikenal orang sejak zaman dahulu kala. Di Mesir, 3000
tahun Sebelum Masehi telah digunakan berbagai bahan alami untuk kosmetik,
baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan maupun hewan. Kosmetika adalah
bahan atau campuran bahan untuk digosokkan, dilekatkan, dituangkan,
dipercikkan atau disemprotkan, dimasukkan dalam, dipergunakan pada badan atau
bagian badan manusia dengan maksud untuk membersihkan, memelihara,
menambah daya tarik atau mengubah rupa, melindungi supaya tetap dalam
keadaan baik memperbaiki bau badan tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati
atau menyembuhkan suatu penyakit. Masalah penelitian ini adalah: “Kecantikan
seperti apa yang ditampilkan oleh selebgram? Produk kecantikan apa saja yang
ditawarkan dalam iklan oleh selebgram? Bagaimana respon followers instagram
produk kecantikan atas produk yang diiklankan?”. Penelitian ini bertujuan untuk
untuk mengetahui Kecantikan seperti apa yang ditampilkan oleh selebgram, untuk
mengetahui Produk kecantikan apa saja yang ditawarkan dalam iklan oleh
selebgram, dan untuk mengetahui Bagaimana respon followers instagram produk
kecantikan atas produk yang diiklankan. Metode yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan pendekatan semiotika, melalui kegiatan observasi, yakni
melakukan wawancara di lokasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 5
orang yaitu 1 orang Selebgram dan 4 orang followersnya. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa Representasi Produk Kecantikan Oleh Selebgram Di
Media Sosial ini banyak di minati banyak orang. Dimana Selebgram ini biasanya
memiliki rupa yang cantik dan fashion yang menarik sehingga dapat membuat
orang-orang menyukainya. Disamping itu pula dapat mempermudah untuk
menjual suatu produk hanya dengan menggunakan kecantikannya.