Research Repository

Untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individual dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Ervina, Maya
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:41:30Z
dc.date.available 2020-03-01T09:41:30Z
dc.date.issued 2018-04-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1240
dc.description.abstract Permasalahan dalan penelitian ini adalah Kondisi pembelajaran dikelas kurang kondusif, Masih terdapat siswa yang senang mengobrol dengan temannya serta suka tidur di dalam kelas pada saat pelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individual dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018. Menurut pendekatannya penilitian ini menggunakan penilitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kurangnya motivasi intrinsik di kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 6 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Konseling individual di sekolah SMA PAB 4 Sampali dilaksanakan terhadap siswa ketika siswa sedang memiliki permasalahan yang dapat mengganggu kegiatan belajarnya. Pelaksanaan konseling individual ini diawali dengan memanggil siswa yang bersangkutan untuk datang menghadap guru BK, kemudian guru BK melaksanakan konseling individual dimulai dari mengidentifikasi masalah siswa. Mengeksplorasikan masalah atau meninjau permasalahan yang dihadapi siswa dan membuat kesimpulan mengenai hasil proses konseling. Konseling individual bermanfaat dalam menangani masalah siswa yang kurang memiliki motivasi dalam belajar. Mengingat masalah tersebut memang harus diperlukan fokus dan perhatian yang khusus dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan motivasi intrinsik, bahwa siswa menjadi senang menjalankan tugas untuk belajar, lebih berminat mendalami materi yang di pelajari lebih jauh, bersemangat dan bergairah untuk berprestasi, merasakan pentingnya belajar, ulet dan tekun dalam menghadapi masalah belajar serta mempunyai keinginan untuk meraih cita-cita dengan cara belajar. Perilaku siswa dalam belajar dikelas beraneka ragam. Dengan demikian pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali telah terlaksana dengan baik. en_US
dc.subject Motivasi Intrinsik en_US
dc.subject Konseling Individual en_US
dc.title Untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individual dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account